Menangani Virus Ultrasurf Penyebab Quick Format


Ultrasurf adalah sejenis aplikasi keamanan yang berfungsi melindungi privasi kita saat berselancar di internet dengan cara menyembunyikan IP dan lokasi Anda, menghapus history, cookies, dll. Tapi apabila Anda tidak waspada, aplikasi bajakan ini pun sudah banyak yang disusupi virus komputer. Sebut saja virus ultrasurf atau lebih tepatnya virus yang diinjeksikan ke dalam aplikasi Ultrasurf bajakan yang marak beredar di internet. 

Menurut Vaksincom, situs yang sampai saat ini masih aktif menyebarkan program bajakan ultrasurf dengan iming-iming penggunanya mendapatkan koneksi internet gratis ini selain mengandung virus mindhack juga mengandung virus Hupigon.MBFS.

Dan dalam aksinya, virus ini memang menggunakan file dengan nama Ultrasurf dan menggantikan program firefox dengan file virus sehingga user yang menjalankan program firefox di komputer yang terinfeksi virus akan menjalankan virus ini. 

Vaksincom menyarankan untuk menghindari unduhan dari situs-situs yang tidak terpercaya atau setidaknya sebelum melakukan instalasi atas file yang Anda ragukan lakukan dulu BACKUP pada semua file penting yang Anda miliki pada piranti backup yang terpisah seperti ext. HDD atau DVD Rom dan jangan dihubungkan ke komputer Anda sewaktu melakukan instalasi.

Aksi ultrasurf cukup merepotkan dan menjengkelkan karena ia akan melakukan format kilat (quick format) pada seluruh hardisk di komputer yang menjalankan virus ini termasuk hardisk yang sedang di-mount

Jika Anda menjadi korban format dari virus mindhack dan ingin melakukan data recovery atas data yang hilang kami sarankan Anda untuk segera melepaskan HDD anda dan jangan melakukan instal ulang pada HDD tersebut, jadikan HDD tersebut sebagai slave dan lakukan Data Recovery dari komputer lain yang bersih dari virus.

Kalau ada antivirus yang RTP (real time pretectionnya) dinonaktifkan oleh virus, disarankan untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu pada virus tersebut bisa menggunakan Norman Malware Cleaner atau Dr Web CureIt untuk membersihkan virus dari komputer Anda sebelum melakukan instalasi program antivirus. 



Source: Vaksincom

Leave a Reply

Silahkan tinggalkan kritik dan saran tentang blog atau artikel ini agar blog ini bisa terus maju.

Powered by Blogger.