Keajaiban Islam pada Unta



Unta adalah hewan berkaki empat yang memiliki ciri khusus yaitu terdapat punuk pada punggungnya yang berfungsi menyimpan air dan makanan. Perlu Anda ketahui, bahwa suhu panas di daerah gurun pasir adalah 55 derajat celcius merupakan suhu yang bisa membakar kulit manusia apabila menyentuhnya. Daerah yang tampak tak berujung dan sangat luas sekali itu, seringkali terjadi badai pasir panas yang dapat menelan apa saja yang dilewatinya, dan tentunya sangat mengganggu pernapasan. Padang pasir juga bisa menyebabkan kematian yang tak terelakan bagi siapapun yang terperangkap di dalamnya tanpa perlindungan. Hanya kendaraan khusus saja yang dapat bertahan dalam kondisi tersebut. 

Selama ini unta sangat membantu kehidupan manusia yang hidup di daerah gurun pasir, dan telah menjadi simbol bagi kehidupan gurun pasir. Panasnya pasir pada gurun tersebut membuat binatang-binatang lain tidak mampu bertahan hidup, unta adalah satu-satunya binatang besar yang mampu hidup di sana. Dengan kebesaran-Nya, Allah secara khusus telah menciptakan hewan yang mampu bertahan pada kondisi seperti itu untuk membantu manusia yang hidup di gurun tersebut.

Pada suhu 55 derajat celcius ternyata unta dapat bertahan hidup selama delapan hari tanpa makan dan minum. Ketika unta menemukan sumber air, maka ia akan terus mengisi depot airnya untuk cadangan. Unta pun mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu 10 menit. Itu sama saja 130 liter dalam sekali minum, dan tempat penyimpanannya adalah punuk. Sekitar 40 Kg lemak tersimpan disana, hai itu membuat unta dapat berjalan berhari-hari di gurun pasir tanpa makan dan minum. Kebanyakan makanan di gurun pasir adalah kering dan berduri, tapi sistem pencernaan pada unta telah dirancang sesuai dengan kondisi seperti itu.

Gigi dan mulut hewan ini telah dirancang khusus untuk memungkinkan memakan duri tajam dengan mudah. Disain khusus juga terdapat pada kelopak matanya yang transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap dapat melihat walaupun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata. Hal khusus juga terdapat pada hidung unta, ketika badai pasir menerpa, maka ia akan menutup hidungnya dengan penutup khusus. Salah satu bahaya yang sering terjadi pada kendaraan di gurun pasir adalah terperosok ke dalam pasir. Tapi hal itu tidak berlaku untuk unta, karena kakinya dirancang khusus untuk berjalan di atas pasir. Telapak kaki yang lebar menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, serta kakinya yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas.

Tak satupun teori ilmiah yang dapat menjelaskan evolusi ini, dan semuanya ini menyatakan satu kebenaran yang mutlak, yaitu Unta telah diciptakan secara khusus oleh Allah untuk hidup di gurun pasir, serta untuk membantu kehidupan manusia di tempat itu.



Leave a Reply

Silahkan tinggalkan kritik dan saran tentang blog atau artikel ini agar blog ini bisa terus maju.

Powered by Blogger.