2 langkah mengubah nama file dengan cepat pada Windows 7

Mengubah nama file atau biasa disebut rename secara manual memang sangat mudah, kita tinggal mengklik kanan file tersebut lalu klik rename. Bisa juga dengan cara menekan F2 pada keyboard pada file yang ingin diganti namanya, maka akan langsung bisa mengubah nama file tersebut. Tetapi apabila file yang ingin kita ganti namanya berjumlah banyak, akan sangat repot bila diganti satu persatu.


Di Windows 7 ternyata ada faasilitas yang memudahkan kita untuk secara sekaligus mengubah nama beberapa file. Langkah tersebut pun bisa dilakukan tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama dengan memanfaatkan Windows Explorer dan yang kedua dengan menggunakan Command Prompt.

1.  Windows Explorer

Mungkin fitur sederhana ini hanya sedikit orang yang mengetahuinya, karena memang tersembunyi dan perlu adanya keisengan atau ketidaksengajaan dalam menemukannya. Tapi kali ini saya akan coba mengulasnya untuk Anda. Caranya sangat mudah, blok semua file yang ingin kita ubah namanya, lalu tekan F2 atau klik kanan klik rename. Selanjutnya masukkan nama file barunya, secara otomatis nama file-file lain yang masih terblok akan mengikuti. Dengan catatan format file yang diblok sejenis, misal .JPG, .MP3, .DOC, dll.

Berikut adalah contohnya:



2.  Command Prompt

Untuk memakai cara ini, Anda perlu membuka command prompt Windows atau biasa disebut cmd. Cara membukanya sudah pasti semua orang tahu. Jadi to the point aja yah.

Perintah untuk mengganti nama melalui Command Prompt sangat mudah dan simple. Hanya dengan mengetikkan perintah rename atau ren. Dengan perintah itu, Anda bisa mengganti ekstensi dari beberapa file sekaligus. Misalnya, mengganti file yang berekstensi .JPG menjadi .PNG.

Berikut adalah contohnya:




   

Comments are closed.

Powered by Blogger.