Cara Pintar mencari File Excel dengan Excel Spy

 
Untuk Anda yang menggunakan aplikasi Excel untuk keperluan pekerjaan pasti sering mengalami situasi sulit dalam mencari file excel dari laporan yang diinginkan karena faktor lupa dan terlalu banyaknya file Excel yang tersimpan. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencarinya, dengan membuka satu persatu, dan membaca setiap file Excel yang ada. Namun kini sudah ada solusi yang bisa membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut karena aplikasi Excel Spy memiliki kemampuan yang Anda butuhkan.

Dengan adanya aplikasi Excel Spy, kini mencari file excel menjadi lebih mudah. Aplikasi ini dapat didapat di http://sourceforge.net/projects/excelspy/. Excel Spy merupakan aplikasi yang bersifat portable, artinya aplikasi ini tidak membutuhkan instalasi (langsung jalankan saja file .exe).

Untuk membuka aplikasi ini, klik file bernama Excel Spy.exe, lalu akan muncul aplikasi berjudul Excel Spy 1.0.3 dimana nantinya akan digunakan untuk mencari file excel yang diinginkan. Selanjutnya masukkan kata kunci yang akan dicari, misalnya masukkan sebuah kata atau nama.

Kemudian klik Add, akan muncul jendela baru dan akan diminta untuk memilih beberapa file .xls atau .xlsx yang ada pada harddisk. Lalu klik Open. Jika kata kunci sudah Anda cantumkan dalam kolom yang disediakan, klik search yang ada disamping kolom Search. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka pada kolom paling bawah akan muncul beberapa hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang sudah Anda masukkan tadi.

Pada hasil pencarian akan muncul Cell beserta Sheet dari kata kunci tersebut, berikut letak file dan nama file excel-nya. Excel Spy memang memiliki tampilan yang friendly, tetapi fitur yang dimilikinya cukup mempermudah dalam melakukan pencarian file berekstensi .xls ataupun .xlsx tanpa harus membuka dan membaca satu-persatu file excel yang ada di dalam folder Anda.

Berikut screenshotnya:




Leave a Reply

Silahkan tinggalkan kritik dan saran tentang blog atau artikel ini agar blog ini bisa terus maju.

Powered by Blogger.