Dilema dalam Dunia Pekerjaan


Ada pepatah yang mengatakan "Keep doing what you love". Kenyataannya adalah sejauh mana orang mampu melakukan hal itu. Ditambah lagi kalau itu berhubungan dengan pekerjaan sehingga kerap membuat orang berada dalam posisi dilema.
Saat ini bisa jadi Anda sedang menikmati pekerjaan Anda karena sesuai dengan minat/hobi Anda dan merasa nyaman. Tetapi, pada saat itu pula ada tawaran yang sangat menarik dengan gaji jauh lebih besar serta munculnya perasaan bosan bekerja di tempat Anda bekerja sekarang. Anda tertarik dan ingin mencoba namun takut karena pekerjaan ini berbeda dengan bidang kerja Anda sekarang.
Alexander Sriewijono, The Founder of Daily Meaning memberikan masukan bagi Anda yang mungkin bimbang untuk mengambil keputusan:
  1. Pahami dulu istilah "Comfort Zone". Perasaan nyaman bisa membuat orang menjadi lebih dinamis dan santai dalam melakukan pekerjaan. Pekerjaan bukan hanya dinilai dari seberapa senang Anda melakukannya dan berapa banyak penghargaan yang Anda dapat, tetapi juga seberapa besar kontribusi yg dihasilkan dan perkembangan kita di pekerjaan tersebut.
  2. Pertanyakan apa yang terpenting untuk Anda. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Ada yang menargetkan jabatan tinggi, ada yang menargetkan gaji besar, ada yang menargetkan fleksibilitas waktu kerja, dan lain-lain.

Renungkanlah, menurut Anda, Apa yang terpenting untuk saat ini? Selain berbeda, hal yang dianggap penting oleh seseorang juga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Bisa saja awalnya lebih mementingkan pengalaman kerja yang mengembangkan diri semaksimal mungkin, kemudian berubah menjadi uang karena dalam waktu dekat harus menikah atau sekolah lagi. 
Pemahaman sebelum mengambil keputusan dan tindakan akan menguatkan langkah yang akan diambil selanjutnya. 

Comments are closed.

Powered by Blogger.